Selasa, 29 November 2016

WSBK kok bisa lebih kencang dari MotoGP ?

http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2g2i8Gv

1 menit 38,721 (Rea) vs 1 menit 38.736  (Rossi)

uji coba di jerez kali ini memang membuat banyak kejutan, mulai dari lap time motor WSBK yang awalnya cuma nempel lap time MotoGP, hingga akhirnya lap time yang dibuat oleh Rea (ZX10R) yang lebih kencang dari MotoGP dan tidak tanggung tanggung, lap time yang di pecahkan oleh Rea tersebut adalah lap time pole position yang dibuat oleh Valentino Rossi musim lalu!

Bahkan tidak cuma Rea, Chaz Davies pun lebih kecang dari pada Hector Barbera, Scott redding dan Danilo Petrucci serta Michelle Pirro. patut di catat, Chaz Davies adalah pembalap pabrikan Ducati di WSBK dengan motor Ducati Panigale 1199R sementara yang diasapi oleh Davies adalah pengguna motoGP GP16 dan GP15 … kalo belom puas Leon Camier diatas Mv Agusta F4RC (berbasis motor buatan tahun 1996 alias 20 tahun) masih bisa menempel Jack Miller diatas RC213V … ini Jack Miller! juara Gp Assen dan masih lebih kencang dibandingkan Bradley Smith dan Sam lowes !

hi_00_Test_Phillip-Island_Rea_GB42007

Power beda tipis … Ban beda banyak !

terus terang aja, kenapa bisa terjadi? beberapa faktor disinyalir memiliki andil besar dalam anomali ini. salah satunya segi power, dimana motor WSBK memiliki power sekitar 220-240 hp sementara motogp bermain diangka 240-260 hp. kondisi ini di bantu juga oleh lintasan Jerez yang bukan sirkuit cepat. jadi top end power pun kurang begitu optimal.

sisil lain adalah faktor ban, mengingat musim ini (lalu) MotoGp melakukan switch terhadap ban, dari Bridgestone ke Michellin. Seperti yang kita ketahui dengan pasti, ban Michellin kerap membawa masalah bagi sebagian besar pembalap. sementara di WSBK mereka konsisten menggunakan ban Pirelli, dan setup motor WSBK sudah begitu Klop dengan ban Pirelli. nah semoga bisa jadi tambahan dan pertimbangan …


EmoticonEmoticon