Minggu, 04 Desember 2016

Bosch Suplai Baterai dan Komponen Motor Listrik Viar

http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2gX16e6

viar-pulse

SUKARAJA (DP) – Bosch, produsen penyedia layanan dan teknologi global berencana menghadirkan skuter listrik ke Indonesia tahun depan. Namun perusahaan hanya menyuplai komponen seperti baterai, rem, dan pendukung lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Ralf von Baer, Presiden Direktur Bosch kepada media. Rencananya, skuter listrik tersebut akan diperkenalkan pada 2017 meski purwarupanya sudah hadir lebih dulu.

“Kami melakukan kerja sama dengan pabrikan motor, Viar salah satunya. Kami menyediakan baterai dan juga komponen rem. Untuk bentuk, kami akan berikan kewenangan kepada produsen,” katanya.

Ralf tidak banyak menyebut soal merek skuter listrik tersebut. Termasuk apakah motor yang dimaksud merupakan Viar Pulse dan Q1 yang diperkenalkan ke publik Juni lalu di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2016.

“Saya tidak bisa bilang karena kebijakan perusahaan. Kecuali mereka (merek tersebut) yang mengumumkan memakai produk kami,” katanya.

Ralf hanya mengatakan baterai, komponen rem dan pendukung lainnya merupakan produk Bosch yang diproduksi di China. “Tapi kualitasnya berstandar Jerman. Karena, kalau bawa dari Jerman pasti lebih mahal,” ujarnya.

Kedepannya kata Ralf, selain baterai dan rem, Bosch juga akan menawarkan beberapa komponen utama kepada produsen motor. Tujuannya supaya produsen motor dapat mempercepat tren penggunaan skuter listrik.

“Pertama itu baterai. Karena, komponen itu paling penting untuk motor listrik. Kedua adalah ECU (Engine Control Unit), ketiga human interface berteknologi layar sentuh yang dapat dikoneksikan dengan ponsel,” katanya. [dp/Gls]


EmoticonEmoticon