Kamis, 01 Desember 2016

Eicma : Motor WSBK 90% Prototype …

http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2fYxSg5

dsc09480

World SBK Bike … Prototype banget!

memang seperti yang kita tahu bahwa MotoGP adalah balapan motor prototype. kemudian WSBK adalah balapan motor berbasis produksi masal. tapi ingat, “berbasis” bukanlah benar benar motor produksi masal. banyak sekali perubahan yang dilakukan pabrikan pada motor WSBK ini. hinga pada satu titik ada anekdot yang bilang motor WSBK hanya sama di fairing sisanya tidak !

anggapan ini tidak sepenuhnya salah, atau justru malah benar. karena perubahan pada motor WSBK tersebut memang bejibun dn mencolok. hingga satu titik jika orang tidak paham betul motor apa yang di lihat bisa saja mereka menganggap motor WSBK adalah motor MotoGP.

dsc09447

Perubahan disana sini disitu dimana mana …

sebut saja dari sektor kaki kaki. perubahan sudah dilakukan di sektor suspensi. memang kedua motor menggunakan ohlins, namun ohlins apa ? mereka menggunakan FGR, dan suspensi tipe ini sama persis dengan yang digunakan di motogp. begtu juga suspensi belakang. Swing arm motor pun mengalami penggantian lebih panjang, lebih rigid dan lebih ringan. Bahkan disektor tangki pun sama saja. Tangki motor F4RC leon camier pindah ke bawah jok. Kita belom bahas soal elektronik !

jadi jika motor WSBK bisa ngacir sekencang motor MotoGP ya gak heran, toh developing costnya juga cukup gila. lalu aturan homologasi gimana ? nah makanya pabrikan senang bikin edisi limited edition dengan harga selangit, dan ini tentunya untuk mengakali perubahan yang pabrikan bikin untuk motor WSBK mereka!


EmoticonEmoticon