Jumat, 02 Desember 2016

Rea vs MotoGP

http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2gIIUnK

WSBK-2016-Laguna-Seca-Jonathan-Rea-track-1 (1)

Jonathan Rea … bisakah naik  podium melawan MotoGP ?

seperti yang sedang heboh dibahas, ketika Rea dengan Kawasaki ZX-10R nya mampu mematahkan rekor pole position Rossi di jerez, pertanyaanya adalah bisakah Rea naik podium ketika “seandainya” diturunkan di motogp ? jawabanya adalah apapun bisa terjadi … karena never say never. tetapi ada catatan menarik disini karena meskipun rea melakukan lap time tersebut dalam kondisi race simulation tetapi ada beberapa faktor pertimbangan …

salah satunya adalah dalam balapan Rea akan bertemu sosok seperti Marquez, Rossi dan Lorenzo. ingat laptime boloh sama, tapi bertemu pembalap dengan riding style yang tidak wajar ini bisa menjadi momok. kedua adalah faktor lap , dimana WSBK di rancang untuk melahap 18 lap sementara motogp 24. ini faktor krusial … tetapi soal lap time pada race simulation ? itu memang sesuatu banget!

Leon Camier GBR MV Agusta 1000 F4 MV Agusta Reparto Corse Superbike WSBK Magny Cours 2016 (Circuit Magny Cours) 01-02/10.2016 PSP/ Lukasz Swiderek www.photoPSP.com

WSBK bike is Yesterday MotoGP

Selama ini asumsi kita adalah WSBK adalah motor jalan raya untuk dipake balapan, tapi nyatanya tidak. dan ini sudah pernah mbah jelaskan di artikel sebelumnya. namun sebagai tambahan, transfer teknologi dari MotoGP dan WSBK kini begitu cepat. bahkan bisa dibilang Teknologi WSBK adalah turunan langsung dari motogp. Artinya jangan heran jika performa motor WSBK sudah setara dengan kemampuan motor tim satelit.

tetapi yang bisa menjadi bahan renungan adalah harga motor WSBK adalah sekitar 300.000 euro sementara harga motor motogp sekitar 2 jute euro, dan keita motor dengan harga 7 kali lipat lebih murah bisa menempel motor yang lebih mahal, apapun kondisinya, hal ini harus menjadi pertimbangan tersendiri ..


EmoticonEmoticon