http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2gvtP8Y
Sebelum menelurkan banyak motor sport berkualitas di era sekarang, salah satunya Ninja, Kawasaki ternyata pernah merilis beberapa motor garang di Indonesia pada tahun 1980-an. Dan, salah satu motor gahar yang pernah diluncurkan pabrikan asal Jepang tersebut adalah Kawasaki Binter Merzy atau Kawasaki KZ200 untuk versi Jepang.
Motor lawas ini hadir pertama kali pada tahun 1980. Saat itu, Kawasaki tidak menggunakan namanya sendiri untuk memasarkan produknya di Tanah Air. Perusahaan otomotif tersebut bekerjasama dengan PT Bintang Terang (disingkat Binter) milik Edi Tansil. Sayangnya, PT Binter mengalami kebangkrutan pada tahun 1985. Lalu, Kawasaki hadir lagi pada 1996 dengan nama PT Kawasaki Motor Indonesia.
Kembali lagi ke model Binter Merzy KZ200, motor ini bisa dibilang kuda besi canggih di era tersebut. Pasalnya, motor ini sudah mengusung mesin berkapasitas 200cc bertipe 4-stroke (4-tak) dengan pengapian platina. Padahal, para pesaingnya saat itu rata-rata masih menggunakan mesin bertipe 2-stroke (2-tak).
Pada produksi pertama, desain Binter Merzy KZ200 mengadopsi style membulat, yang terinspirasi dari produk flagship Kawasaki H2 Mach IV dan Kawasaki KZ900. Lalu, pada tahun 1984, Binter Merzy KZ200 mengalami perubahan desain dengan tampilan lebih sporty dan cenderung mengotak, yang tampak pada bagian headlamp, tangki, hingga stop lamp, yang mengadopsi model Kawasaki KZ1300.
Selain itu, pada generasi pertama yang diproduksi hingga tahun 1982, Binter Merzy masih menggunakan sistem pengapian platina. Lalu, mulai tahun 1983 hingga 1985, motor ini sudah mengusung sistem pengapian CDI, starter tangan, rem cakram di roda depan, serta sistem kelistrikan DC 12 Volt yang membuat pencahayaan lampu depan lebih stabil dengan tombol lampu dim yang lebih efektif.
Untuk sektor jantung pacu, Kawasaki membekali Binter Merzy KZ200 dengan mesin bertipe 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, 2 valve, air-cooled, berkapasitas 198cc. Dengan asupan bahan bakar yang dikawal karburator Keihin PW26, motor ini diklaim mampu menyemburkan daya hingga 18 HP pada putaran 8.000 rpm serta torsi puncak 16,8 kg-m pada putaran 7.000 rpm.
Motor berdimensi 1.920 x 780 x 1.050 mm ini juga dibekali suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang dual-shock breaker, tubular swing arm. Selain itu, rem depan sudah mengusung cakram hidrolik kaliper 1 piston, sedangkan rem belakang masih menggunakan tromol. Dengan berat kosong 126 kg, di motor ini tersemat tangki bahan bakar berkapasitas 9,5 liter.
Karena termasuk motor klasik dan mulai langka, harga yang dibanderol untuk model Binter Merzy KZ200 memang tergolong cukup tinggi. Anda perlu merogoh kocek mulai Rp12 jutaan jika ingin meminang produk bekas motor ini. Berikut spesifikasi teknis Kawasaki Binter Merzy KZ200.
Dimensi | 1.920 x 780 x 1.050 mm |
Berat Kosong | 126 kg |
Kapasitas Bahan Bakar | 9,5 L |
Jarak Sumbu Roda | 1.280 mm |
Jarak ke Tanah | 150 mm |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Swing Arm, Double Shock |
Rem Depan | Cakram |
Rem Belakang | Tromol |
Tipe Mesin | 4-stroke, SOHC, 2 katup, air-cooled |
Kapasitas Mesin | 198cc |
Diameter x Langkah | 66 x 58 mm |
Daya Maksimum | 18 HP @ 8.000 rpm |
Torsi Maksimum | 16,8 kg-m @ 7.000 rpm |
Karburator | Keihin PW26 |
Transmisi | Manual, 5-speed |
Starter | Kick |
Top Speed | 120 km/jam |
EmoticonEmoticon