http://ift.tt/2fqQe7p - http://ift.tt/eA8V8J
TMCblog.com – Bro sekalian, Seperti Kita lihat di Kawasaki H2 . . Power Motor bisa meningkat dengan mengaplikasikan Teknologi Supercharger dimana ada udara yang tinggi densitas oksigennya dipompa masuk menggunakan pompa turbin ke dalam Ruang bakar. Nah udara dengan oksigen berdensitas tinggi ini jika di ledakkan dengan BBM yang kaya maka hasilnya adalah power yang tinggi. Nah kasus khusus supercharger jika menggunakan tenaga bantuan dari exhaust dinamakan Turbocharger . . . Ada satu perusahaan part performa bernama alter ego, menciptakan sebuah alat dengan ide yang tetap berdasarkan cara supercharger dimana dimasukkan udara dengan densitas oksigentinggi ke ruang bakar melalui throttel body. Namun Alter ego memanfaatkan kick back exhaust untuk ‘ menendang ‘ udara dengan densitas oksigen tinggi ke ruang bakar . . . Mirip turbocharger, namun lebih mini dan lebih berkesan plug-and-play . . . kita bahas yuuk
Bentuk realnya adalah sebagai berikut ini sob
Lalu alat di atas itu pada dasarnya terbagi seperti bagian berikut ini :
terlihat di tengah ada semacam membran elastis yang tahan panas dan tidak dapat ditembus oleh udara. Kenapa harus tahan panas ? karena berhubungan dengan gas buangan exhaust yang biasannya memang panas . .. Nhh secara umum cara kerjanya adalah sebagai berikut ini :
di atas adalah gambar saat alat tidak bekerja
Setelah motor menyala/aktif, maka akan ada gas exhaust yang masuk dari lubang ( lihat gambar dari kanan bawah ) lalu dorongan gas exhaust ini akan ‘menekan’ membran dan akan membuat membran merapat nantinya
Setelah fase ‘dorongan ‘ gas buang selesai, maka membran akan balik ke posisi semula . . dan saat balik ke posisi semua ini , secara alami akan ‘menyedot’ udara bersih dari luar untuk masuk ke dalam ruangan ..
Nah saat gas exhaust kembali datang, maka membran akan terdorong (terpampatkan lagi) uniknya Alter ego membuat sistem klep satu arah, Gas bisa masuk -namun nggak bisa keluar di jalur input dari drum charger ini. Sehingga udara yang ada di dalam membran tidak bisa keluar ke arah input, namun hanya bisa keluar kearah output yang arahnya ke Throttle body/ ruang bakar
Hasil ‘tendangan’ ini akan membuat udara kaya oksigen akan termampatkan dan membuat udara menjadi tinggi densitas oksigennya . . dan kalau sudah tinggi kerapatan osigennya maka salah satu syarat sistem supercharger sudah terpenuhi . . setelah itu tinggal kasih bbm lebih maka akan terjadi daya ledak lebih tinggi yang muaranya power output saat sistem supeharger via drum ini diaktifkan.
Grafik di atas adalah Grafik klaim kenaikan powernya sob . . . 20% naik power maksimumnya
sumber :
http://ift.tt/2fHkAV6
http://ift.tt/2gI1GhT
taufik of BuitenZorg
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : taufiknmotorcycle@yahoo.com
- instagram : tmcblog
- telegram chanel : tmcblog
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
- blog alternatif ; http://ringpiston.com
- Video Blog : kanal Youtube TMCBlog
- Android App : Google Play Store
- iOS App : App Store
EmoticonEmoticon