http://ift.tt/2fqQe7p - http://ift.tt/eA8V8J
TMCblog.com – Via tabloid MotoPlus edisi terakhir yang membahas tematik soal Honda CBR250RR, ada beberapa hal yang menarik untuk diketahui sob. Macem macem Mulai dari hal sederhana perbandingan Posisi pembonceng Honda CBR250RR, sampai hal yang cukup serius yakni analisa kekhawatiran beberapa konsumen Hodna CBR250RR terutama yang memiliki knowledge cukup dalam seperti One3Motoshop dan R9 racing mengenai Posisi Accelero sensor yang berada satu tempat dengan panel saklar di Kanan. One3Motoshop menghkhawatirkan Terjadinya Gas nyangkut jika Motor terjatuh dan mengenai panel setang kanan, sedangkan R9 Racing mengkhawatirkan errornya kerja Accelero sensor saat dipakai bermacet macet ria dan kondisi kena Hujan plus debu . . . bagaimana Penjelasan AHM ? Cekidot sob
Memang kebanyakan Accelero sensor di Motor motor yang memiliki teknologi Ride By wire/ Trottle by wire, posisi dari Accelero sensornya berada di daerah Throttle Body seperti yang bisa sobat bisa lihat pada gambar diatas, sehingga dari bagian throtel tinggal berupa feed sinyal bukaan throtel handle yang disalurkan ke accelero sensor yang nempel dengan Throttle Body baru setelah itu ke ECU . ..
Namun accelerometer ( Accel Possition Sensor – APS ) di Honda CBR250RR langsung berada di dalam panel saklar kanan sehingga keluar dari panel saklar lanssung masuk ke ECU nah ini lah yang khawatirkan . . Coba kita cek gambarnya nih sob
Menjawab Kekhawatiran tersebut adalah Instruktur Astra Honda Training centre, Pak Sriyono. Pak Sriyono bilang pada Motorplus bahwa APS pada Honda CBR250RR bekerja dengan prinsip yang mirip dengan speed sensor Namun sensornya tidak menggunakan Potensiometer, melainkan menggunakan IC hall yang Jika Sobat semua pernah belajar di SMA – IC Hall ini bekerja berdasarkan Hall Effect ( silahkan baca disini )
Nah menurut pak Sriyono Penempatan Posisi APS di panel saklar setang kanan Honda CBR250RR ini sama dengan posisi yang dipilih pada Motor Honda RC213V, dan mengacu pada motor Prototipe tersebut sampai saat ini mengenai masalah APS di setang beluma da masalah berarti. Sedangkan mengenai kekhawatiran rusaknya APS saat terjatuh Pak Sriyono menjelaskan bahwa APS berada di dalam Housing yang kuat karena terbuat dari Logam.
mengenai kemungkinan rusak karena Cuaca, menurut Pak Sriyono, bagian APS dari Honda CBR250RR sudah diuji dalam kondisi hujan deras dan tidak terlihat ada msalah, namun disarankan untuk bagian APS di panel saklar setang bagian kanan ini tidak disiran dengan air bertekanan tinggi saat mencuci ya sob . . semoga berguna
Taufik of BuitenZorg
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : taufiknmotorcycle@yahoo.com
- instagram : tmcblog
- telegram chanel : tmcblog
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
- blog alternatif ; http://ringpiston.com
- Video Blog : kanal Youtube TMCBlog
- Android App : Google Play Store
- iOS App : App Store
EmoticonEmoticon