Selasa, 06 Desember 2016

Euro 4 … Bukan membunuh, tapi merusak esensi !!!

http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2g893uI

EMISI EURO 4

di negara maju seperti  di eropa dan jepang emisi euro 4 sendiri sudah mulai di jalankan tahun ini. gak usah banyak penjelasan ilmiah, intinya dalam emisi euro 4 ini kendaraan dipaksa lebih bersih secara emisi. salah satunya dengan memperbesar katalis konverter plus juga melakukan engine re-mapping agar lebih meminimalisir sisa pembakaran.

umumnya kendaraan produksi baru 2014 keatas sudah siap dengan regulasi ini, namun kendaraan yang memiliki basis produksi dan mesin dibawah tahun 2010 umumnya kelabakan dan akhirnya terpaksa dimatikan produksinya. nah kenapa ?

Esensi motor jadi hilang … kasus motor supersport !!!

salah satu yang menjadi korban adalah motor supersport. saat ini rata rata tenaga motor supersport berkisar antara 105-120 hp on wheels. itu bila menggunakan emisi euro 3. namun ketika dihadapkan dengan regulasi euro 4, tenaga motor tersebut bisa anjlok sampai tinggal 75-100 hp dan mengingat mayoritas motor supersport saat ini berasal dari generasi era 2000an pertengahan dan akhir, mereka tidak siap menghadapi regulasi ini. lah masa motor supersport tenaganya sama dengan motor streetbike ?

nah beberapa pabrikan mengakali dengan membuat dua versi, versi euro 3 dan euro 4 atau ada yang menaikan kapasitas motornya menjadi kelas 3/4 namun balik lagi, itu cuma solusi sementara. karena motor tidak lagi merupakan supesport. makanya akhirnya EURO4 secara tidak langsung memang membunuh motor kelas tertentu!


EmoticonEmoticon