Kamis, 16 Februari 2017

Begini Bentuk Motor Sport Hasil Cetakan Printer

Tags




Zortrax, pabrikan printer 3D asal Polandia, memperkenalkan sepeda motor "cetakan printer" pertama mereka. Seluruh pekerjaan dilakukan menggunakan mesin cetak raksasa bernama BIG M300.

Namun, tentu saja tidak semua komponen dari motor ini yang dicetak menggunakan printer 3D. Bagian yang dicetak menggunakan teknologi tersebut adalah semua komponen yang terbuat dari plastik. Demikian seperti yang dilaporkan visordown.
Lebih jauh, komponen-komponen yang dibuat pakai printer termasuk semua fairing, layar, lampu, jok, cangkang tangki bensin, dan spion.

Motor yang dijadikan basis adalah motor middleweight bermesin 600 cc. Awalnya motor utuh ini dilucuti satu-per satu. Barulah kemudian printer 3D bekerja dan menggantikan bagian-bagian yang dicopot itu. Waktu pengerjaan sekira satu bulan.

Michal Mosiej, spesialis Zortrax, mengatakan bahwa ada tantangan tersendiri dalam merakit motor yang tidak tidak diberi nama resmi ini. Namun salah satu tantangannya adalah bagaimana hasil cetakan harus benar-benar presisi.

"Pertama-tama memilih model dasar, lalu proses scanning 3D yang kompleks, yang membutuhkan sejumlah besar detail teknis untuk memastikan kami mempertahankan dimensi yang sama seperti model yang kami pindai," ujarnya.

Sayangnya nampaknya Zortrax memang tidak bermaksud untuk memproduksi massal atau menjual motor sport ini. Ini lebih kepada pamer teknologi printer 3D yang dewasa ini semakin banyak digunakan, bahkan dalam dunia medis sekalipun.
Namun, sebagai gambaran saja, mesin printer 3D milik mereka dibanderol mulai dari US$ 4.000 atau setara Rp 53,4 juta. Tentu ini belum termasuk bahan pencetak.


EmoticonEmoticon