Kamis, 02 Februari 2017

The Elbee, Mobil Keren untuk Difabel

Tags




Praha - Mobil khusus penyandang disabilitas semakin banyak dibuat. Setelah sebelumnya hadir mobil bernama 'Kenguru', kali ini mobil khusus penyandang disabilitas kembali dibuat perusahaan otomotif asal Ceko.

Mobil yang dibuat perusahaan 'ZLKL' ini diberi nama The Elbee. Melansir Euronews pada Selasa (26/5/2015), mobil ini dirancang khusus agar pengguna kursi roda tidak perlu meninggalkan kursinya untuk masuk ke dalam mobil.

Lebar mobil ini hanya 1,3 meter. Selain itu, Tinggi mobil dari permukaan tanah juga memungkinkan pengguna dapat langsung ke trotoar. Seluruh fungsi keluar masuk ke mobil ini dapat diakses menggunakan remote control yang terletak di pintu depan.

"Butuh waktu tiga tahun untuk membangun mobil ini, termasuk semua elemen keamanan. Kami juga memastikan bahwa semua kebutuhan mengguna kursi roda sudah terpenuhi," kata manajer proyek Elbee, Ladislav Brazdil.

Berat mobil ini 400 kg dan dapat menyimpan beberapa barang di bagasi kecil. Adapun kecepatannya dapat mencapai 80 km/jam. Hadirnya mobil ini, tentu saja, menggembirakan pada penyandang disabilitas.

"Saya benar-benar senang karena memberikan saya jenis baru kemerdekaan dan kebebasan. Sekarang saya bisa masuk ke mobil saya sendiri dan tidak lagi merepotkan istri," ujar Frantisek Trunda, salah satu pengguna Elbee.

Meskipun sangat fungsional, mobil ini dibanderol dengan harga cukup mahal. ZLKL membanderol Elbee dengan sekira 15 ribu euro atau sekira Rp 216 juta (Kurs: Rp 14.400/Euro).


EmoticonEmoticon