Senin, 28 November 2016

Konklusi WSBK vs MotoGP: Motor WSBK Tidak Lebih Kencang Dari Motor MotoGP

http://ift.tt/2fqQe7p - http://ift.tt/eA8V8J

460x110-indent-now

440x100_tirei

img_20161129_084416

TMCBlog.com – Bro sekalian, seperti yang santer dibicarakan di berbagai media di belahan dunia manapun beberapa hari kebelakang mengenai hasil winter test Jerez yang dimana motor World Superbike melakukan tes secara bersamaan dengan motor MotoGP, dengan hasil cukup yang menghebohkan karena juara WSBK dua kali, Jonathan Rea bersama Kawasaki ZX-10R Factory tunggangaya mampu mencetak best time 1:38.721s. Dengan catata waktunya itu jika dirinya mengikuti babak kualifikasi MotoGP Jerez 2016 kemarin, sudah dipastikan Rea akan menempati pole position. Yup, pole sitter GP Jerez tahun ini adalah Valentino Rossi yang juga memenangkan juara seri, dengan torehan waktu Q2 1:38.736 atau selisih 0.015 lebih lambat ketimbang Rea saat winter test Jerez lalu. Catatan waktu test Rea tersebut beberapa hari ini sering menjadi acuan bahwa motor Superbike (WSBK) lebih kencang atau setidaknya akan mampu bersaing dengan motor prototipe MotoGP jika diadu di tempat dan waktu yang sama, malahan ada anjuran dari beberapa pihak untuk balapan saja head-to-head antara motor dan pembalap terbaik di masing-masing kejuaraan itu dengan taruhan jutaan dollar atau #milliondollarrace hahaha.. Lantas, apakah memang sebegitu kencang kah motor WSBK jaman sekarang?

cengkareng-shop

MBtech - TMC sep16

rea-rossi

Banyak opini yang beredar mengenai komparasi catatan waktu Jonathan Rea dengan Valentino Rossi di Jerez, soal single ECU dan unified software MotoGP yang seperti “mundur” beberapa tahun, lalu ban Michelin yang belum sempurna dengan motor MotoGP sedangkan Pirelli sudah seperti menyatu dengan motor WSBK,, dan lain lain lain lainnya. Okeh, kenapa kita gak coba menarik kesimpulan dari para jurnalis senior di bidang balap motor. Supaya ringkas, saya mengambil kesimpulan dan rangkuman dari David Emmett serta Mat Oxley yang sudah lama malang melintang sebagai jurnalis dunia balap.

Sebelumnya, menurut Mat (Oxley) peristiwa ini bukanlah yang pertama kali untuk membandingkan kekuatan motor Superbike dengan MotoGP, karena pada tahun 2002 silam juga terjadi hal yang serupa. Pembalap Steve Hislop dengan Ducati 996 spesifikasi BSB (British Superbike) memiliki catatan waktu yang lebih baik ketimbang Valentino Rossi dengan Honda RC211V saat itu. Kenapa bisa motor balap berbasis produksi massal (dengan modifikasi berat) sanggup mengungguli motor prototype buatan tangan para insinyur terbaik dunia??

Penjelasan sederhananya begini, pada balapan jenis apapun hal terpenting itu adalah perihal grip/traksi roda ke trek (baik aspal ataupun tanah). Apabila sebuah mesin (mobil/motor) memiliki tenaga yang besar, maka sudah pasti kendala kekurangan power saat balapan akan hilang, akan tetapi masalah lain yang sudah pasti muncul adalah soal traksi roda ke aspal.

Rekor lap time WSBK   adalah 1:41.135s milik Jonathan Rea di musim 2015. Rekor lap time dari MotoGP ada di angka 1:38.735s, oleh Lorenzo di tahun yang sama dengan milik Rea yang menjadikan WSBK memiliki selisih waktu 2.4 detik lebih lambat dari MotoGP. Pada catatan waktu balapan MotoGP tercepat Jerez 2015 dan WSBK saat balap tahun 2016, pembalap pemenang MotoGP race pace terendah ada di 1:39s sampai sekitar 1:40s. Berbanding race pace pemenang WSBK di angka 1:41s sampai sekitar 1:42s. Artinya ada selisih waktu sekitar 2 detik antara keduanya untuk tiap lap.

Sobat semua pasti ingat bahwa soal grip ban, para pembalap MotoGP seperti menderita sejak seri kedua di Austin CoTA dan semakin berat di Argentina. Yang menyulut pada keputusan Michelin memberikan kompon extra-hard untuk seri Jerez. Makin sulit karena trek Jerez saat itu sangat panas, Jorge Lorenzo, Valentino, Iannone dan Marc Marquez sampai-sampai mengalami gejala spinning bahkan saat di trek lurus pada gear 5. Lepas balapan, total waktu balap MotoGP Jerez 2016 lebih lambat 31 detik dibadingkan MotoGP Jerez 2015.

img_20161129_084539

Yang kedua, setelah faktor grip roda adalah temperatur udara dan aspal yang punya peranan besar dalam menentukan catatan waktu terbaik pembalap. Karakter aspal Jerez terbilang unik. Unik karena jika temperatur naik (panas), dipastikan akan mengalami penurunan grip pada roda. Itulah kenapa masa uji coba musim dingin yang berlangsung di Jerez akan memiliki catatan waktu yang impresif. Mau bandingin dengan data nih, MotoGP Jerez 2016 temperatur ada di 40°, sedangkan saat winter test kemarin temperaturnya di angka 35°. Tau kan kalau turun 2° saja akan berpengaruh besar ke catatan waktu pembalap. Jadi buat kita-kita yang di Indonesia dan belum pernah menjejakkan kaki di Jerez de la Frontera, jangan hanya (dan tidak bisa hanya) menilai dari sisi mesin dan atau sisi pembalapnya saja, tapi masih banyak faktor yang berperan di sini.

Kondisi saat winter test WSBK Jerez sangat ideal untuk ban Pirelli, spesifikasi ban WSBK tersebut memiliki kemampuan adaptasi terhadap suhu dengan jangkauan yang lebih luas, ketimbang dengan Michelin MotoGP yang super sensitif terhadap perubahan suhu.

Kesimpulannya, untuk mengetahui apakah motor WSBK benar-benar mendekati motor MotoGP, kita butih seorang Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow atau Valentino Rossi untuk dog fight secara langsung dengan para pembalap WSBK di lintasan. Mau bikin pertarungan lebih imbang?? Sekalian dipasangi karet ban merk yang sama di kedua jenis motor tersebut, tapi kan ya gak mungkin sob mengingat kekuatan dari mesinnya saja sudah beda jauh ya otomatis kemampuan ban nya harus berbeda. Sudah barang tentu, perbandingan unit per unit, motor MotoGP lebih baik ketimbang motor Superbike secara global (menyeluruh), soal winter test Jerez merupakan hal yang bersifat substansial. MotoGP berakselerasi sangat cepat dengan tenaga 260 horsepower lebih dan dengan suspensi serta kemampuan sasis yang ultrastiff dibekali pengereman cakram carbon, berbanding dengan motor Superbike yang punya handling lebih soft, bobot sekitar 13 kilogram lebih berat, mesin berkekuatan 220 horsepower, sasis motor keluaran pabrik yang dimodifikasi dan juga pengereman WSBK masih pakai cakram baja. Sudah kentara bedanya kan sob?

Nugie TMCBlog

MVAI-Banner-1

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

EnglishHindiIndonesianJapaneseSpanishThaiVietnamese


EmoticonEmoticon