Selasa, 22 November 2016

QQCI, Inovasi Pertamina Jamin Kepuasan Konsumen SPBU

http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2fOvsNS

spbu-pertamina

JAKARTA (DP) – Kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen terus diperhatikan oleh PT Pertamina (Persero), yang karenanya telah menerapkan program Quality Quantity Cleanliness Inspection (QQCI), mulai November ini.

Program QQCI bertujuan memastikan bahwa proses pelayanan di SPBU Pertamina sesuai standar prosedur dan memenuhi harapan konsumen. Program ini akan berjalan seiring dengan program audit ‘Pasti Pas’ yang sejak lama berlangsung bekerjasama dengan TUV Rheinland dan Sucofindo.

“Setiap SPBU memang diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan setiap hari secara rutin sesuai dengan prosedur yang berlaku. Bersamaan dengan itu, Pertamina juga punya program ‘Pasti Pas’ yang bertujuan untuk memastikan konsumen mendapatkan kualitas pelayanan terbaik di setiap outlet SPBU, baik dari sisi kualitas produk dan pelayanan serta fasilitas pendukung,” ungkap Yudi Nugraha, Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat

Sebagai permulaan, program QQCI baru dilaksanakan di SPBU yang berada di wilayah Jabodetabek. Pelaksanaan program QQCI dimulai dengan melakukan inspeksi rutin ke SPBU Pertamina yang dipilih secara acak setiap hari Senin – Jumat mulai dari pukul 09:00 s.d 17:00 WIB.

Dalam setiap inspeksi rutin tersebut, para petugas QQCI yang berseragam lengkap selalu melaksanakan proses sesuai prosedur. Dimulai dengan pemeriksaan terhadap takaran BBM dengan menggunakan alat ukur sekaligus menilai langsung kondisi nozzle.

“Intinya kalau ditemukan ada yang tidak sesuai, tim Pertamina langsung sigap bertindak, kalau hasilnya memuaskan, kami bekerja keras untuk menjaga agar tetap memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen,” tegas Yudi.

Untuk mendapatkan feedback langsung dari konsumen, para petugas QQCI juga melakukan wawancara langsung di lokasi ketika para konsumen selesai melakukan pengisian BBM atau menggunakan fasilitas yang ada di SPBU Pertamina. Hal ini dimaksudkan agar konsumen juga dapat secara bebas mengungkapkan komentarnya terkait kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh SPBU.

Pertamina mengajak masyarakat untuk turut serta melakukan pengawasan terkait pelayanan di SPBU dengan cara menghubungi Pertamina Contact Center dengan nomor 1-500-000 (24 jam). [dp]


EmoticonEmoticon