Kamis, 08 Desember 2016

NSU Max, Motor Sport Lawas Juara Dunia 1950-an

http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2hbAhFp

Bagi para penggemar motor kekinian, pasti masih belum begitu familiar dengan merek NSU Motorenwerke AG, atau biasa disebut NSU saja. NSU merupakan produsen otomotif asal Jerman yang memproduksi mobil, sepeda motor, dan sepeda. Perusahaan ini sudah eksis dalam industri otomotif sejak tahun 1873 silam.

NSU Max - www.pinterest.com

NSU Max - www.pinterest.com

 

Sebelum diambil alih oleh Grup Volkswagen pada tahun 1969 (kemudian digabungkan dengan Auto Union yang kini dikenal dengan nama Audi), NSU tercatat pernah beberapa kali meluncurkan produk sepeda motor yang cukup populer di masanya. Pabrikan ini sendiri mulai membuat motor pada tahun 1901, disusul dengan produksi mobil empat tahun kemudian.

Dari sekian banyak produk sepeda motor yang telah dilahirkan NSU, salah satu model yang tidak akan lekang ditelan zaman adalah model NSU Max. Motor ini pertama kali dibangun pada tahun 1951. Hingga akhir produksi pada tahun 1956, NSU tercatat berhasil memproduksi model Max sebanyak 96.373 unit. Bukti yang cukup menunjukkan bagaimana larisnya motor ini kala itu.

Layaknya motor lawas tahun 1950-an, NSU Max mengusung desain yang sangat unik dan sangat retro. Motor ini tampil dengan lampu depan berbentuk bulat, tangki bahan bakar berukuran sedang, jok model terpisah dengan jok depan “berayun”, knalpot model bambu, serta suspensi depan buatan dan suspensi belakang yang sama-sama menerapkan konsep outside hydro shock absorber.

Di bagian dapur pacu, perusahaan Jerman membekali motor ini dengan mesin tipe 4-stroke, OHC, single cylinder, berkapasitas 247cc, dengan pendingin udara/oli. Dengan modal tersebut, NSU Max disebut mampu menyemburkan tenaga 11 kW pada putaran 6.500 rpm dan kecepatan puncak 126 km per jam. Dengan performa luar biasa, motor ini bahkan sempat menjuarai ajang MotoGP pada tahun 1955 ketika ditunggangi Paul Herman Muller.

Karena termasuk motor lawas yang sudah antik, tak mengherankan jika produk NSU Max kini ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi. Untuk bisa meminang produk bekas motor ini, konsumen perlu merogoh kocek mulai Rp38 jutaan. Berikut spesifikasi teknis NSU Max.

Tipe Mesin 4-Stroke, Single Cylinder, OHC
Kapasitas Mesin 247cc
Diameter x Langkah 69 x 66 mm
Daya Maksimum 11 kW @ 6.500 rpm (1956: 13,2 kW @ 7.000 rpm)
Kecepatan Maksimum 126 km/jam
Transmisi 4-speed
Pendingin Udara
Starter Kick
Rangka Solid NSU sheet-metal frame
Suspensi Depan Kurzarmschwinge, outside hydro shock absorber
Suspensi Belakang Swing Arm, Kurzarmschwinge, outside hydro shock absorber
Rem Drum 160 mm
Panjang 2.051 mm
Jarak Sumbu Roda 1.311 mm
Berat 165 kg
Tangki Bahan Bakar 12 L
Ukuran Ban 3,25-19


EmoticonEmoticon