Minggu, 04 Desember 2016

Suzuki RC 100 Sprinter, Pelopor Motor Ayago di Indonesia

http://ift.tt/2fqMrqR - http://ift.tt/2gRwp9P

Pada era tahun 1990-an, Suzuki memang dikenal sebagai salah satu pabrikan yang rajin merilis sepeda motor tipe 2-tak (2-stroke ) di pasar otomotif nasional. Tak cuma motor sport, sejumlah motor bebek buatan pabrikan asal Jepang itu juga didominasi oleh mesin tipe 2-langkah. Dan, salah satu yang pernah melenggang di pasaran Indonesia adalah sepeda motor RC 100 Sprinter.

Suzuki RC 100 Sprinter - dwinugros.wordpress.com

Suzuki RC 100 Sprinter - dwinugros.wordpress.com

 

RC 100 Sprinter pertama kali melenggang ke pasaran pada tahun 1989 silam. Motor ini disebut-sebut sebagai pelopor atau nenek moyangnya motor bebek model ayam jago (ayago) yang dirilis kemudian. Untuk merek Suzuki, RC 100 Sprinter bisa dibilang sebagai pemula dari varian Suzuki Satria FU yang baru muncul pada akhir tahun 1990-an.

Hadir dengan desain ayago, Suzuki RC 100 Sprinter saat itu tampil dengan model out of the box pada zamannya. Motor ini merupakan perbaikan dari versi awal generasi RC 100 Series. Suzuki menghadirkan RC 100 Sprinter untuk menjegal eksistensi Yamaha Alfa 100, baik dalam hal penjualan maupun dalam kancah dunia balap lokal di arena road race.

Di bagian dapur pacu, Suzuki membekali RC 100 Sprinter dengan mesin tipe 2-stroke, OHC, silinder tunggal, berkapasitas 99,6cc, dan pendingin JetCooled, sebuah teknologi advanced dari Suzuki. Dengan modal tersebut, motor ini disebut mampu meletupkan daya 9,5 PS pada putaran 8.500 rpm, torsi puncak 1,15 kg-m pada putaran 5.000 rpm, dan kecepatan maksimum 100 km per jam.

Sayangnya, pada tahun 1992, produksi Suzuki RC 100 Sprinter terpaksa dihentikan karena kalah bersaing dalam hal penjualan dari Yamaha yang kala itu meluncurkan varian Yamaha Champ. Saat ini, produk bekas RC 100 Sprinter ditawarkan dengan harga mulai Rp2 jutaan. Berikut spesifikasi teknis Suzuki RC 100 Sprinter.

Dimensi 1.860 x 650 x 1.030 mm
Kapasitas Bahan Bakar 4,5 L
Berat 81 kg
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing Arm, Double Shock
Rem Depan dan Belakang Drum
Ban Depan 2,25-17 4PR
Ban Belakang 2,50-17 4PR
Tipe Mesin 2-stroke, OHC, silinder tunggal
Kapasitas Mesin 99,6cc
Diameter x Langkah 52,5 x 46 mm
Daya Maksimum 9,5 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimum 1,15 kg-m @ 5.000 rpm
Pendingin Suzuki JetCooled
Transmisi Manual, 4-speed
Starter Electric & Kick
Karburator Mikuni VM16SH


EmoticonEmoticon