Rabu, 01 Februari 2017

Dijual di Eropa, Suzuki GSX Gendong Mesin 125 Cc

Tags




Tambun - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) selaku perusahaan yang memproduksi Suzuki GSX-150 Series siap melakukan ekspor untuk motor sport terbarunya itu, seperti ke Eropa, Amerika Latin dan Asean.
Hanya saja, untuk pasar Eropa, Suzuki tak menjualnya dengan mesin 150 cc, melainkan 125 cc.

Engine inspection 2W PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Teguh Imam Supriyantoro mengatakan, mesin yang digunakan merupakan downsizing engine dari Satria F150 dan ada beberapa setingan mesin yang diubah.

"Mesin 125 cc,  ukuran bore dan stroke dibuat berbeda dengan mesin 150 cc. Sedangkan komponen yang lain saya tidak bisa kasih tahu karena dalam proses pengembangan," ucap Teguh kepada wartawan di kawasan Plant Tambun 1, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, (1/2/2017).

Teguh menyatakan, jika mesin diturunkan menjadi 125cc, lain halnya dengan standar emisi yang naik jadi Euro4. Hal ini, lanjut Teguh, Euro4 memang menjadi salah satu regulasi yang harus dipenuhi di negara tujuan ekspor.Rencananya, ekspor motor sport paling anyar itu akan dilakukan semester dua 2017.

Kandungan Lokal 95 Persen
Sementara itu, Assitant to Dept Head Production 2W PT SIM Ivan Yoliga menyebutkan, meski untuk pasar ekspor, produk terbaru dari Suzuki ini telah menyerap komponen lokal hingga 95 persen.
“Hampir semua kami buat di sini, mulai dari frame, fuel tank, swing arm, muffler, dan rim wheel. Bodi dan catnya juga kami lakukan di sini,” ujar Ivan.
Sementara lima persenya, merupakan komponen-komponen kecil yang tidak buat di Indonesia, seperti baut dan mur.

Selain itu, ada beberapa parts yang tidak dibuat di pabrik PT SIM, seperti keyless, lampu sein, perangkat rem, dan speedometer.
Kata dia, Suzuki menggandeng mitra usaha dengan terlebih dahulu melihat kualitas yang telah disesuaikan standar Suzuki.


EmoticonEmoticon